Muamba Sempat Mati Suri Selama 78 Menit



Konsultan jantung yang menangani Fabrice Muamba, Sam Mohiddin menyatakan Muamba tidak akan sembuh dalam waktu singkat. Muamba mengalami shock jantung di menit 41 pada perempat final piala FA, Bolton melawan Tottenham pada Sabtu (17/4).

Melihat kejadian itu, Doktor tim Bolton dan Tottenham Dr. Jonathan Tobin dan Dr Shavaaz Mughal langsung berlari ke lapangan guna memberi penanganan pertama kepada Muamba. Seorang dokter bernama Andrew Deaner yang kebetulan menonton langsung pertandingan Bolton vs Tottenham akhirnya juga turun tangan membantu Tobin dan Mughal.

“Bisa dikatakan, Fabrice sempat mati suri selama 78 menit. 48 menit ketika ia mulai ditangani di lapangan hingga saat perjalanan ke rumah sakit, 30 menit ketika ia berada di rumah sakit,” ujar Mohiddin.

"Fabrice menunjukkan tanda-tanda positif, dia telah mengalami keajaiban. Tapi ia masih dalam penyembuhan tahap awal, masih butuh waktu lama sebelum ia benar-beanr pulih," jelasnya seperti dikutip dari ESPN.

"Ketika ia sampai di Rumah Sakit secara kasat mata ia sudah meninggal. Jantungnya tetap menunjukkan aktifitas elektrik tapi tidak dengan otot-otot jantungnya. Ia mengalami 15 kali shock, 12 diantaranya ia alami ketika berada di ambulans."

HABIS BACA JANGAN LUPA LIKE FANSPAGE KAMI DIBAWAH YA SOB..

Artikel Menarik Lainnya